;

Sabtu, 27 Desember 2014

Mengenal Penyakit Yang Menyerang Organ Ginjal

Sabtu, 27 Desember 2014

Anda tahu apa itu ginjal ?? Ya semua orang pasti tahu dan mengenal organ paling penting dalam tubuh manusia ini. Ginjal berfungsi sebagai alat untuk menyaring darah dan merupakan salah satu bagian dari sistem eksresi pada manusia. Namun tahukah anda? Bahwa dizaman yang begitu modern ini banyak sekali penyakit yang menyerang dan sangat berbahaya sekali untuk organ ginjal. Ingin tahu lebih lanjut ? Yuk kita simak informasinya .

Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Yang Menyerang Ginjal

Berikut ini kami informasikan beberapa penyakit yang sering menyerang organ ginjal dan sangat berbahaya untuk fungsi dan kelangsungan tubuh kita yang lainnya.
1. Batu Ginjal 
Batu ginjal adalah salah satu penyakit yang ada pada ginjal merupakan  potongan-potongan bahan padat yang terbentuk ketika zat yang secara normal larut dalam urin menjadi berkonsentrasi tinggi. Bahan padat tersebut sering terbentuk dari kalsium, oksalat, dan fosfat. Batu ginjal mungkin hanya berdiameter beberapad mililiter atau hanya seukuran batu kecil. Batu ginjal paling sering pada pria, namun statistik menunjukan lebih banyak kasus terjadi pada perempuan dan anak-anak. Dan faktor makanan mungkin berperan dalam peningkatan angka kasus batu ginjal.

2. Kista Ginjal
Penyait kista ginjal adalah kista yang terdapat di ginjal, kista ini biasanya berkaitan dengan penyakit lainnya yang bisa mengganggu fungsi ginjal. Namun secara umum kista ginjal tidak berkembang menjadi kanker. Seseorang bisa memiliki lebih dari satu kista ginjal. Jadi jangan berfikir kista hanya mungkin terjadi di rahim.

3. Ginjal Bocor
Dalam dunia medis penyakit ginjal bocor disebur dengan Sindrom Nefrotik yang berarti terjadinya penimbunan dari gejala-gejala rusaknya ginjal yang menyangkut dalam organ ginjal sehingga ginjal tidak mampu bekerja dengan optimal. Ginjal bocor dapat digambarkan sebagai keluarnya protein (albumin) dari dalam tuuh melalui air kemih (urine). Albumin atau protein sendiri memiliki sifat sebagai penahan cairan agar tidak keluar melalui pembuluh darah dan hanya dikeluarkan urin. Apabila tubuh kekurangan albumin atau protein maka cairan akan dengan mudah rembes dan keluar melalui pembuluh darah, akibat atau efek yang terjadi tubuh akan mengalami pembengkakan yaitu terjadi pada wajah, mata dan kaki.

4. Gagal Ginjal
Gagal Ginjal merupakan penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium di dalam darah atau produksi urine. Penyakit gagal ginjal dapat menyerang siapa saja yang menderita penyakit serius atau terluka dimana hal itu berdampak langsung pada ginjal itu sendiri. Penyakit gagal ginjal lebih sering menyerang orag yang berusia dewasa terlebih pada kaum lanjut usia.

5. Ginjal Bengkak
Ginjal bengkak merupakan penyakit yang terjadi karena adanya aliran urine yang tersumbat sehingga terjadilah pembengkakan pada ginjal. Pembengkakan pada ginjal ini bisa disebabkan karena batu, penyempitan saluran, infeksi saluran. Gejala dari penyakit ini adalah nyeri pinggang yang teramat sakit, bengkak mata dan kaki, sakit kencing, dan ada kelainan pada urine.

6. Radang Selaput Ginjal (Glomerulonefritis)
Radang selaput ginjal merupakan suatu peradangan tanpa nanah yang terjadi pada glomerolus (bagian dari ginjal yang berfungsi untuk menyaring darah) kedua ginjal. Glomerulonefritis dapat menyerang secara fokal yaitu melibatkan <50% dari total glomerolus ginjal dan difusa bila melibatkan seluruh glomerolus ginjal.


Demikian informasi penyakit yang menyerang organ ginjal, semoga bermanfaat untuk anda dan anda lebih waspada lagi terhadap penyakit yang sering terjadi ini. Maka dari itu sayangilah ginjal anda dari sekarang juga ^_^
Terimakasih atas kunjungannya.

    If You Like This Post, Share it With Your Friends

    Devi Eritia - 12/27/2014
    MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

    0 komentar:

    Posting Komentar