;

Jumat, 30 Januari 2015

Mari Mengenal Penyakit Kanker Tulang

Jumat, 30 Januari 2015

Salah satu penyakit yang paling menakutkan adalah KANKER. Tidak ada satupun yang mengaharapkan dirinya terkena peyakit kanker karena penyakit ini dapat menimbulkan kematian. Salah satu kanker yang berbahaya adalah kanker tulang, kenapa dibilang berbahaya ? Ya jelas saja karena menyerang organ terpenting dalam tubuh kita sebagai penopang. Ingin lebih tahu dan mempelajarinya ? Yuk simak artikel berikut ini.

Penyakit Kanker Tulang

Kanker Tulang atau adalah jenis kanker tulang yang umum didapati pada anak-anak. Kanker ini biasanya muncul di daerah sekitar tulang lutut atau tulang lengan di dekat pundak. Tapi, kanker tulang ini bisa muncul di bagian tulang manapun di tubuh kita. Seperti jenis kanker lainnya, osteosarkoma juga bisa menyebar ke dalam jaringan terdekat, ke paru-paru dan tulang lainnya, namun jenis kanker ini jarang menyebar ke organ tubuh lainnya. Kanker Tulang dapat di diagnosis melalui rontgent, pemindaian MRI atay CT (Computerized Tomography).

Banyak sekali faktor dan kondisi yang diperkirakan bisa menyebabkan kanker tulang, seperti zat kimia beryllium dan sejenis virus FBJ (Francis Biklis-Johnston) dan radiasi. Selain itu, beberapa penyakit turunan juga diduga sebagai faktor penyebab kanker tulang seperti Syndrome Rothmund-Thomson, sindroma Blomm dan sindroma Li-Fraumeni.

Jenis-Jenis Kanker Tulang 
Kanker tulang terpecah menjadi jenis yang terpisah berdasarkan jenis sel di mana kanker dimulai. Jenis yang paling umum dari kanker tulang meliputi:
  • Osteosarcoma. Osteosarcoma dimulai pada sel-sel tulang. Osteosarcoma terjadi paling sering pada anak-anak dan orang dewasa yang muda.
  • Chondrosarcoma. Chondrosarcoma dimulai di sel tulang rawan yang biasanya ditemukan pada ujung tulang. Chondrosarcoma paling sering mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua.
  • Sarcoma ewing. Tidak jelas di mana sarcoma ewing dimulai. Diyakini bahwa sarkoma ewing dapat dimulai pada jaringan saraf dalam tulang. Sarcoma ewing terjadi paling sering pada anak-anak dan orang dewasa yang muda.
 
Penyebab kanker tulang dikelompokan berdasarkan jenis tulang yang diderita, yaitu kanker tulang primer dan kanker tulang sekunder. Kanker tulang primer bermula dari tulang itu sendiri dan kanker tulang sekunder lebih identik disebabkan oleh komplikasi dari kanker yang sebelumnya terjadi yang menyebabkan sel kanker terdahulu menyerang sel-sel tulang dalam sehingga menyebabakan kanker tulang itu terjadi.
 
Gejala Kanker Tulang

Untuk menghindari dan antisipasi dari penyakit kanker tulang ini, ada baiknya kita mengenal beberapa gejala kanker tulang. Ini berguna untuk kita agar bisa mengenal lebih cepat bila mana diri kita ataupun orang lain yang terkena kanker tulang. Berikut gejala-gejalanya .
  • Munculnya rasa sakit
Rasa sakit yang ditimbulkan oleh kanker tulang pada umumnya terjadi pada bagian leher,lengan atau punggung. Namun rasa sakit ini bisa menjalar ke bagian tubuh lainnya. Rasa sakit karena kanker tulang ini terasa ada di dalam tulang dan sakitnya terus menerus. Bila sudah menekan saraf, maka sakitnya akan berdifusi keluar dan terasa menjalar ke bagian tubuh yang lain seperti tangan dan kaki.
  • Semakin lama badan menjadi melemah
Melemahnya tubuh manusia yang terkena kanker tulang terjadi karena gangguan impuls tulang belakang. Penderita akan menjadi lemas dan lemah. Peradangan besar dapat menyebabkan kerja otak tidak sinkron dengan anggota gerak. Hal ini dapat tampak pada penderita yang tidak mampu berjalan atau meraih sesuatu.
  • Kurangnya kepekaan terhadap sentuhan
Sumsung tulang belakang adalah bagian sistem saraf pusat. Jika bagian ini mengalami peradangan maka dapat mengakibatkan kepekaan terhadap sentuhan menjadi berkurang, bahkan hilang. Salah satu akibatnya, mungkin seorang penderita bisa tidak merasakan apapun ketika tangannya terbakar atau menggenggam es.
  •  Terjadi Inkontinensia
Gejala inkontinensia disebabkan oleh hal yang sama dengan gejala tubuh yang melemah. Namun inkontinensia menyebabkan lemahnya kontrol kandung kemih dan usus, terutama usus besar dan rektum. Ini menyebabkan penderita kanker tulang dapat buang air tanpa terasa, baik buang air kecil maupun air besar.
  • Terjadi kelumpuhan
Kanker tulang pada akhirnya akan menyebabkan kelumpuhan. Namun sebelum terjadi kelumpuhan, dapat diantisipasi, namun tergantung dari seberapa parah penyakitnya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai penyakit kanker tulang, semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua. Jaga dan sayangi tubuh anda dengan baik agar dapat terhindar dari berbagai penyakit yang salah satunya adalah kanker tulang. Salam Sehat ^_^

Baca Juga Artikel Lainnya ..

If You Like This Post, Share it With Your Friends

Devi Eritia - 1/30/2015
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Posting Komentar