;

Selasa, 06 Januari 2015

Perbedaan Trigliserida Dan Kolesterol

Selasa, 06 Januari 2015

Agar jantung tetap terjaga dan sehat maka kita harus menjaga kadar kolesterol, sedangkan untuk menjaga kolesterol kita harus mengkontrol trigliserida. Pasti semua berfikir bahwa kolesterol dan trigliserida adalah hal yang sama, namun kedua istilah diatas berbeda jenisnya. Lalu apa perbedaannya ? Ingin tahu lebih lengkap ?? Yuk simak dan ikuti artikel dibawah ini.

Pengertian
Kolesterol
Kolesterol merupakan senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi tubuh di dalam liver dari makanan berlemak yang kita makanan. Kolesterol diperlukan tubuh untuk membuat selapur sel, membungkus serabut saraf dan membuat berbagai hormon dan asam. Kolesterol tidak dapat larut dalam darah, kolesterol harus di angkut ke dan dari sel tubuh oleh lipoprotein. Low-density lipoprotein atau LDL dikenal sebagai "kolesterol jahat" sedangkn high-density lipoprotein atau HDL dikenal sebagai "kolesterol baik" .

Kardar Kolesterol
Normal : Kurang dari 200
Batas Normal- Tinggi : 200-239 
Tinggi : Lebih dari 240

Trigliserida
Trigliserida merupakan senyawa yang ada di dalam makanan dan plasma darah. Trigliserida adalah sumber energi dan ketika trigliserida masuk dalam tubuh melalui makanan, bentuknya bisa berubah menjadi sel-sel lemak jika tidak ditransfer menjadi energi. Jadi pada dasarnya, tubuh butuh trigliserida untuk menghasilkan energi. 

Asupan makanan yang mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi dapat meningkatkan efek trigliserida di dalam tubuh seseorang. Jika kadar trigliserida meningkat, maka kadar kolesterol pun akan meningkat pula. Trigliserida yang berlebih dalam tubuh akan disimpan di dalam jaringan kulit sehingga tubuh terlihat gemuk. Seperti halnya kolesterol, kadar trigliserida yang terlalu berlebih dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan

Kadar Trigliserida
Normal :  kurang dari 150 
Batas Normal  :  150-199
Tinggi : 200-499
Sangat Tinggi : sama atau lebih dari 500 


Jika jumlah trigliserida berlebihan, sel-sel lemak bisa menyumbat pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular (termasuk jantung dan stroke). Kelebihan trigliserida juga memengaruhi kinerja pankreas. Jadi bagaimana menjaga kadar trigliserida tetap seimbang? Mulai kurangi makanan berlemak, hentikan konsumsi alkohol, turunkan berat badan, rajin olahraga, dan menghindari produk bergula tinggi atau yang sudah dimurnikan.
 
Kesimpulan dari perbedaan Kolesterol dan Trigliserida
Trigliserida
Kolesterol
Trigliserida akan di simpan dalam sel  lemak dibawah jaringan kulit
Kolesterol  akan disimpan dalam jaringan hati atau dinding pembuluh darah
Fungsi trigliserida adalah menghasilkan energi bagi tubuh
Kolesterol berfungsi membangun sel-sel an hormon tertentu dalam tubuh
 






Itulah sedikitnya penjelasan dan perbedaan antara kolesterol dan trigliserida, semoga bisa bermanfaat dan membantu anda dalam mencari referensi kesehatan. Ingin hidup sehat dan terbebas dari penyakit kronis seperji jantung dan stroke ? Jagalah kadar trigliserida dan kolesterol anda agar tetap normal. Terimkasih banyak atas kunjungannya .

Baca artikel lainnya ...
http://liairna.com/pengobatan-tradisional-penurun-trigliserida-tinggi/

If You Like This Post, Share it With Your Friends

Devi Eritia - 1/06/2015
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

1komentar:

charis mengatakan...

Wah baru tahu nih, terima kasih

Posting Komentar